Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda!

 

 

Marketing dan dunia bisnis adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan karena marketing berperan penting terhadap perkembangan sebuah bisnis. Tentunya kalian pernah bertanya-tanya, “Bagaimana sih caranya agar marketing bisa dilakukan dengan tepat sehingga berpengaruh meningkatkan penjualan?” Nah, karena itu lah DutaAdPro akan bahas lebih lanjut tentang pentingnya strategi pemasaran atau marketing!

 

Apa itu marketing?

Sebelum masuk lebih dalam mengenai strategi marketing, kita bahas secara singkat dulu ya mengenai marketing. Marketing adalah suatu proses untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada target pemasaran yang sesuai. Marketing sangat penting bagi perkembangan bisnis karena dengan strategi yang tepat, target market akan mengetahui keberadaam produk atau jasa tersebut sehingga brand awareness meningkat dan bisnis akan tumbuh lebih besar. Tidak hanya itu, marketing juga sangat berguna dalam mempertahankan pelanggan, misalnya dengan adanya marketing yang terus menerus, pelanggan lama juga akan selalu ingat akan keberadaan brand tersebut sehingga kemungkinan pelanggan lama untuk kembali semakin besar.

 

Apa itu strategi marketing?

 

Source: unsplash

Strategi marketing adalah rencana yang menyeluruh dan menyatu untuk memasarkan sebuah produk atau jasa pada target pasar tertentu sehingga dapat menjangkau calon pelanggan sebanyak-banyaknya dan mengubah mereka menjadi repeating customer.

 

Untuk mendapat hasil yang maksimal, marketing tidak bisa dilakukan secara sembarangan lho! Marketing tanpa strategi yang baik bisa malah menjatuhkan sebuah brand atau membuat brand tersebut mengalami kerugian.

Bagaimana cara menentukan strategi marketing yang tepat?

Source: freepik

Strategi marketing yang memiliki tujuan jelas dan terukur akan memberikan hasil yang lebih baik bagi kemajuan sebuah bisnis. Nah, ada beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan nih sebelum bisa menentukan strategi yang tepat untuk bisnis kalian. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menentukan strategi marketing yang tepat.

 

Baca Juga: Yuk Mengenal Bahasa Iklan yang Menarik

  1. Riset pasar

Melakukan evaluasi terhadap situasi lingkungan eksternal maupun eksternal pasar sangat penting. Ketahuilah keunggulan kompetitif produk atau jasa kalian dengan baik dan jadikan hal tersebut sebagai dasar strategi yang dipilih dan disesuaikan juga dengan demand dari pelanggan. Riset pasar yang mendalam bisa membantu kalian untuk memahami kebutuhan pelanggan yang spesifik

 

  1. Menganalisa segmen pelanggan perusahaan

 

Masih banyak bisnis yang beranggapan bahwa “semua orang” adalah target pasar mereka. Hal inilah yang seringkali membuat sebuah marketing tidak terarah. Padahal penting sekali untuk meneliti siapa dan pelanggan seperti apa yang cocok menggunakan produk kalian sehingga kegiatan promosi akan lebih efektif dan berhasil convert ke sales atau penjualan.

 

  1. Riset kompetitor

Bisnis tentunya tak lepas dari keberadaan kompetitor. Mengetahui dengan jelas siapa kompetitor kalian menjadi langkah penting dalam menentukan strategi marketing. Bandingkan keunggulan kompetitif kalian dengan kompetitor, apakah keunggulan tersebut dapat bersaing? Selain itu, kalian juga dapat mengidentifikasi kelemahan brand kalian dibandingkan dengan kompetitor sehingga dapat meningkatkan kualitas eksekusi strategi marketing.

 

  1. Buatlah rencana tambahan

Terkadang rencana pertama yang dibuat tidak selalu cukup. Oleh karena itu, rencana tambahan selalu diperlukan dalam menentukan strategi marketing. Rencana tambahan ini penting bagi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness, terutama pada perusahaan yang sedang berkembang. Rencana tambahan juga dapat membantu brand kalian untuk lebih mudah meningkatkan brand awareness. Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness di Instagram, selain endorsement influencer, penting juga untuk sering mengunggah Instagram Story untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pelanggan sehingga brand kalian lebih sering diingat oleh mereka.

 

  1. Uji coba strategi

Ide dan strategi yang telah dipersiapkan dengan matang tentu perlu dicoba agar tahu mana strategi yang baik dan mana yang kurang baik. Apabila responnya positif dan hasil penjualan meningkat, maka strategi yang diterapakan sudah tepat.

Funnel marketing dan strategi marketing

Source: freepik

Tahukah kamu? Funnel marketing adalah suatu proses pemasaran untuk membuat seseorang yang tidak mengenal brand menjadi tahu, menimbang-nimbang dan tujuan akhirnya agar orang tersebut melakukan pembelian.

Funnel marketing dianggap penting karena dapat memberi tahu sejauh mana prospek atau leads di dalam customer journey dan membantu dalam mengidentifikasi strategi dan jenis konten terbaik yang dapat menghasilkan konversi.

 

Oleh karena itu, funnel marketing sangat berkaitan erat dengan strategi marketing. Strategi marketing harus dipikirkan sedemikan rupa agar dapat membawa calon pelanggan yang tidak mengenal brand sampai membuat keputusan untuk membeli atau menggunakan suatu produk/jasa.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Iklan

 

Apa saja funnel marketing yang perlu diketahui?

 

Source: pixelme.me

Terdapat 5 tahapan dalam funnel marketing, yaitu:

TOFU (Top of Funnel)

  1. Awareness

Tahap di mana konsumen sadar barang apa yang ia inginkan atau butuhkan. Pastikan kamu menjalankan strategi yang tepat untuk dapat menjangkau audiens sebanyak mungkin, ya!

 

MOFU (Middle of Funnel)

  1. Consideration

Pada tahap ini konsumen mulai mencari tahu lebih dalam mengenai produk yang ingin mereka beli dan mebandingkan dengan brand lain.

 

  1. Purchase

Konsumen memutuskan untuk membeli produk yang telah mereka pertimbangkan dengan baik.

 

BOFU (Bottom of Funnel)

  1. Retention

Tahap ini sangat penting untuk menghasilkan konsumen yang loyal karena konsumen puas terhadap pembelian pertama.

 

  1. Advocacy

Karena selalu merasa puas, konsumen menjadi loyal. Ia memberi testimoni bagus dan merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada banyak orang.

Strategi Pemasaran untuk Bisnis

Source: freepik

Sebelum memilih strategi, pastikan kalian telah melakukan cara-cara diatas ya agar tidak salah langkah! Nah berikut ini ada beberapa strategi marketing yang dapat dijadikan pilihan untuk meningkatan penjualan maupun brand awaress bisnismu.

 

  1. Content marketing

Di era digital ini, content marketing merupakan salah satu strategi marketing yang banyak dipakai oleh pemilik brand. Content marketing dilakukan secara rutin dan berulang agar menarik minat calon pelanggan.

 

  1. Search Engine Optimization

Lebih dikenal dengan istilah SEO. Dengan optimasi SEO, brand kalian dapat muncul di halaman utama mesin pencari sehingga saat calon pelanggan mencari sesuatu yang berhubungan dengan barang / jasa yang kalian tawarkan, brand kalian dapat muncul di halaman pertama.

 

  1. Social Media Ads

Agar menjagkau audiens yang lebih luas pada social media, social media ads dapat menjadi pilihan tepat untuk strategi pemasaran kalian. Jangan lupa persiapkan content marketing yang sesuai dengan target pasar.

 

  1. Search Engine Marketing

Berbeda dengan SEO yang gratis dan organik, SEM memerlukan biaya iklan yang dibayarkan kepada penyedia layanan mesin pencari, contohnya Google. Ketika searching di Google pasti kalian sering menjumpai iklan-iklan bukan? Nah, iklan tersebut adalah bagian dari SEM dan perusahaan baru akan membayar jika ada yang klik iklan tersebut, maka dari itu salah satu metode SEM yang paling populer adlaah pay-per-click (PPC).

 

  1. Event marketing

Ketika mengadakan atau bergabung dalam sebuah acara, acara tersebut merupakan kesempatan bagi brand untuk mengundang audiens atau calon pelanggan agar dapat melakukan face-to-face marketing. Selain itu, marketing pada saat event juga dapat meningkatkan brand awareness dan juga memungkinkan untuk melakukan riset pasar dan kompetitor.

 

Nah, sudah tahu kan pentingnya strategi marketing untuk meningkatkan perkembangan sebuah bisnis? Yuk susun strategi marketingmu sekarang supaya nggak boncos lagi!

 

DutaAdpro adalah sebuah perusahaan advertising yang sudah berdiri di Surabaya sejak 1991. DutaAdpro selain bergerak di bidang promosi media luar ruang dan dalam ruang, tetapi juga berkembang dengan menyesuaikan diri sesuai permintaan pasar. DutaAdpro juga menyediakan jasa dalam bidang online marketing berupa : website design, graphic design, social media management, mobile app development, dan online advertising management (termasuk SEO, SEM, Google Ads, dsb). Percayakan promosi produk dan jasa Anda bersama DutaAdpro