8 Manfaat Media Iklan Luar Ruangan (OOH) yang Wajib Diketahui!

Jika Anda mempunyai rencana untuk marketing campaign di outdoor media, maka Anda wajib mengetahui kelebihan media iklan luar ruangan (Out of Home atau OOH). Walaupun bukan termasuk dalam digital marketing, media pemasaran yang satu ini perlu Anda perhitungkan karena juga memberi manfaat untuk marketing bisnis Anda.

 

Riset Indsider Intelligence memprediksi bahwa di tahun 2023 ini, media iklan luar ruangan (OOH) akan mengalami pertumbuhan sebesar 38,8%. Selain itu, dikutip dari LinkedIn, hasil riset menunjukkan bahwa tingkat awareness masyarakat dalam melihat promosi OOH mencapai 81% dan OOH terbukti lebih efektif dalam memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Nah, artinya media luar ruangan dampaknya tidak kalah bagus dibandingkan dengan digital marketing.

 

Seiring dengan diperbolehkannya kegiatan di luar rumah, tren iklan OOH ini terus mengalami peningkatan di Indonesia. Sehingga banyak brand melirik media iklan satu ini dan menjadikannya bagian dari strategi marketing.

 

Tapi, apa saja sih yang membuat OOH ini mulai banyak diminati? Apa dampak positif dari beriklan menggunakan media luar ruangan? Yuk simak bersama di artikel ini!

 

  1. Visibilitas brand meningkat

glico man di osaka

Source: unsplash

Di dunia digital marketing, fitur adblocker ini menyulitkan marketers dalam menjalankan marketing nya karena iklan tersebut tidak dapat tampil di perangkat target market yang mengaktifkan adblocker.

 

Nah, disinilah salah satu keunggulan media luar ruangan. Iklan yang ditampilkan mau tidak mau pasti akan terlihat oleh para pengguna jalan dan sulit dihindari sehingga bagus untuk kegiatan marketing.

 

Ukuran yang besar dan penampilan iklan pun menarik mata dan mampu mencuri perhatian pengguna jalan. Apalagi jika kondisi jalan sedang macet, iklan tersebut pasti dilihat dan diperhatikan pengguna jalan.

 

Faktor-faktor tersebut akhirnya menarik banyak brand mengalokasikan budget marketing tersendiri untuk beriklan menggunakan media luar ruangan dengan tujuan meningkatkan visibilitas promosi. Bahkan, alasan tersebut tak jarang menjadi faktor pendorong utama memilih OOH.

 

 

  1. Dapat Ditayangkan di Berbagai Lokasi

videotron di new york

Source: unsplash

Hampir sama dengan digital marketing pada media online, iklan dengan media luar ruangan juga dapat ditampilkan di berbagai lokasi.

Sebagai pengiklan, Anda bisa dengan bebas memilih lokasi mana yang Anda inginkan. Tentunya, pemilihan lokasi pun juga tidak bisa sembarangan dan tetap harus disesuaikan dengan target pasar serta strategi marketing masing-masing brand.

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Iklan di media luar ruangan tentunya juga akan mendorong brand awareness karena secara tampilan OOH lebih mencolok dibanding iklan media online. Oleh karena itu, OOH dapat menarik perhatian secara lansung.

Visual keren dengan ukuran iklan yang besar menjadi faktor penarik perhatian dan dapat tampil dalam jumlah banyak dalam satu lokasi tertentu.

Jadi, sudah pasti masyarakat aware dengan iklan dan brand yang bersangkutan, bukan?

 

Baca Juga: Brand Awareness di dalam dunia marketing

 

  1. Kustomisasi Iklan Sesuai Kreativitas Masing-masing

billboard di new york

Source: unsplash

OOH ini bisa dibilang menjadi media iklan paling tepat untuk berkreasi dan membuat konten yang menarik lho!

Iklan di media online biasanya sudah memiliki format tertentu sesuai dengan platform yang digunakan. Namun, tidak dengan OOH. Dengan media ini, Anda bisa berkreasi. Misalnya, iklan dengan digitron yang atraktif, materi statis di billboard, atau beriklan di kendaraan umum. Jadi, media Anda untuk beriklan jauh lebih luas dibandingkan versi digital.

 

  1. Dapat Menargetkan Audience

Nah, jangan salah. Iklan OOH ini juga bisa melakukan segmentasi target market, lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir iklan Anda salah sasaran.

 

Contoh dari manfaat ini pasti pernah Anda alami. Dengan fitur location based, Anda dapat menayangkan iklan hanya kepada orang-orang yang sedang berada di lokasi tertentu. Misalnya, saat berada di jalan A, Anda akan menerima SMS promosi iklan makanan.

 

  1. Harga Terjangkau

Anggapan umum bahwa beriklan di OOH itu sangat mahal, nyatanya tidak 100% benar.

Harga mahal ataupun terjangkau kembali lagi pada kebutuhan marketing Anda masing-masing. Selain itu, lokasi, jenis iklan, dan durasi juga berpengaruh terhadap harganya.

 

Baca Juga: Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda!

 

  1. Menghasilkan Tindakan Langsung

Seusai melihat iklan luar ruangan, dorongan audience untuk melakukan tindakan secara langsung akan semakin meningkat.

Sebagai contoh ketika Anda melihat baliko Diskon 70% dari salah satu toko baju, Anda pasti muncul keinginan untuk mendatangi toko tersebut walaupun mungkin Anda tidak membutuhkan baju baru. Karena terpengaruh iklan diskon di baliho tersebut, Anda langsung mencari baju yang cocok dengan harga murah kemudian membelinya.

Contoh lain yaitu Point-of-Sale (POS) di swalayan. Marketers menggunakan POS ini untuk menarik perhatian pembeli agar melanjutkan transaksi. Iklan POS biasanya dipajang di area kasir dengan harapan bahwa pembeli tergiur dengan promo tersebut saat antri di kasir. Walaupun sebelumnya Anda tidak bermaksud membeli barang tersebut, tapi setelah melihat iklan tersebut Anda jadi ingin membelinya, bukan?

 

  1. Memberikan Insight untuk Bisnis

laptop grafik

Source: unsplash

Sama seperti online marketing, Google atau Facebook akan menyediakan data hasil pemasaran berdasarkan tool analytics yang digunakan.

Ketika marketing campaign sudah selesai, Anda juga akan menerima report performa iklan. Isi dari laporan tersebut meliputi berapa banyak audience yang melihat iklan yang diketahui dari kepadatan jalan atau lokasi iklan secara rinci. Jadi, data tersebut dapat menjadi benchmark ketika akan beriklan menggunakan media luar ruangan untuk kegiatan marketing di kemudian hari.

 

Tertarik menggunakan media luar ruangan (OOH)?

DutaAdpro adalah jawabannya.

DutaAdpro adalah sebuah perusahaan advertising yang sudah berdiri di Surabaya sejak 1991, kami menyediakan jasa dalam bidang online marketing berupa: website design, graphic design, social media management, mobile app development, dan online advertising management (termasuk SEO, SEM, Google Ads, dsb). Percayakan promosi produk dan jasa Anda bersama DutaAdpro